Perbedaan S1 Reguler dan S1 Paralel UI

Standard

Siapa sih yang ga tau Universitas Indonesia, salah satu Universitas tersohor di Indonesia. Semua lulusan SMA berlomba-lomba untuk bisa keterima di Universitas ini. Saat ini UI memiliki dua program untuk S1, yaitu program S1 reguler dan parallel. Dalam tulisan ini kita akan membahas perbedaan antara S1 reguler dan paralel.

Perbedaan S1 reguler dan paralel adalah :

  1. Perbedaan utama antara S1 reguler dan paralel terletak pada biaya pendidikan. S1 reguler lebih murah jika dibandingkan S1 paralel. Mulai 2013 ini, S1 reguler tidak perlu membayar uang pangkal alias bebas uang pangkal, sedangkan S1 paralel harus membayar uang pangkal dan uang persemester.
  2. Untuk S1 reguler ada program BOP-B (Biaya Operasilonal Pendidikan Berkeadilan), maksudnya adalah biaya pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan orang tua. Misal, biaya persemester untuk jurusan IPS adalah 5jt. Nah, untuk mahasisiwa yang keterima melalui jalur regular bisa minta keringanan. Waktu biaya persemester saya yang seharusnya 5jt persemester menjadi 1,5jt persemester. Sedangkan untuk mahasiswa paralel tidak bisa minta keringanan yang seperti itu, klo biaya persemester 6jt atau 8jt, ya sudah harus bayar segitu.
  3. Selama berkuliah di UI mahasiswa S1 reguler bisa mendapatkan beasiswa yang tersedia di UI, tapi mahasiswa paralel tidak bisa dapat beasiswa. Jadi beasiswa hanya dipeuntukkan untuk mahasiswa regular saja.
    1. Perkuliahan untuk mahasiswa regular jam 08.00-16.00 sedangkan untuk mahasiswa parelel biasanya kuliah mulai jam 11.00-17.00, mulainya lebih siang. Untuk jam masuk kuliah tiap fakultas beda-beda, tergantung kebijakan fakultas. Ada juga fakultas yang tidak membedakan jam kuliah antara regular dan parallel. Yang saya rasakan, diawal semester memang terasa sekali perbedaan anak parallel dan reeguler karena jadwal perkuliahan masih paketan. Tapi mulai semester 4, kelas anak regular dan parallel sudah mulai campur.
    2. S1 paralel bisa diikuti oleh lulusan SMA tahun berapa saja sedangkan regular hanya diikuti oleh 3 lulusan SMA tahun terakhir, missal sekarang tahun 2013, berarti yang hanya bisa daftar dijalur regular adalah tahun lulusan 2011, 2012, 2013. Tapi untuk yang berniat daftar di parallel, tenang aja kebanyakan yang daftar di parallel adalah teman-teman sepantar.

Untk masuk S1 paralel ada seleksinya juga loh, ga semua siswa yang daftar di S1 paralel pasti keterima. Banyak juga yang tereliminasi di seleksinya

Kenapa sih Biaya Paralel Lebih Mahal daripada Reguler

Kebijakan S1 reguler dan paralel ini berlaku sejak tahun 2008. Mungkin kebijakan regular dan paralel diadakan untuk subsidi silang antara regular dan paralel karena regular itu bisa membayar dengan 0 rupiah kalo memang benar-benar tidak mampu. Mungkin biaya kuliah anak parallel untuk menutupi hal itu.

Alasan lainnya, mungkin adalah kesempatan keterima yang lebih besar. Logikanya gini, biaya kuliahnya mahal berari peminatnya lebih sedikit sehingga kesempatan keterimanya lebih besar. Kalo emang ortu punya kemampuan untuk membayar full sih mending pilih yang parallel.

Apa ada perbedaan perlakukan antara S1 Reguler dengan Paralel

Sama sekali tidak ada. Semua fasilitas yang didapat regular pasti dirasakan oleh paralel. Dosen-dosen yang ngajarnya juga sama.

Apa Ijazah S1 Paralel dan Reguler Dibedakan

Tidak. So,tenang aja bagi yang mau mendaftar di S1 reguler maupun parallel, karena ijazahnya sama saja, tidak dibedakan sama sekali.

Kesimpulan

Mau pilih S1 reguler atau S1 paralel, itu semua tergantung kamu sendiri. Kalau kira-kira penghasilan orang tua pas-pasan, sebaiknya memilih S1 reguler. Tapi jika kira-kira orang tua sanggup untuk bayar biaya kuliah S1 paralel dan ingin mencoba memilih yang paralel pas ujian SIMAK, silahkan saja.

S1 Paralel Berbeda dengan Jalur Mandiri

S1 paralel bukan jalur mandiri loh. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa yang dimaksud jalur mandiri. Jalur mandiri biasanya diartikan dengan jalur masuk ke universitas negeri dengan besar-besaran uang pangkal. Jadi siapa yang berani bayar uang pangkal gede, maka dialah yang akan keterima. Nah S1 paralel bukan jalur masuk yang seperti itu. S1 paralel itu jelas uang pangkal sekian dan uang persemester sekian.

About these ads

76 thoughts on “Perbedaan S1 Reguler dan S1 Paralel UI

  1. Gitu ya mba, aku fikir S1 paralel diperuntukkan bagi yg menyambi kerja,
    ptn di negeri ini apa engga ada yang membuka kuliah kelas karyawan yah mba? :D

    • klo di UI untuk yg karyawan paling kelas malem mba.
      itu juga cuma ada untuk kelas ekstensi (lulusan d3 yg mau ke S1) atau untuk S2 dan S3
      Klo dr lulusan SMA, perkuliahan semuanya pagi.
      saya kurang tau jg klo PTN lain ada kelas karyawan apa nggak

      • Permisi mbak
        mungkin bisa minta situs atau dimana mbak dapet informasi adanya kelas karyawan dan kuliah malam
        soalnya sudah nyari2 gak ketemu2 nih

      • DI UI ga ada kelas karyawan.
        Kelas malam ada tapi cuma untuk ekstensi (lulusan D3 yg mau ngelanjutin ke S1) dan S2.
        S2 juga ga semua jurusan ada kelas malamnya.

      • kebetulan mbak saya memang lagi pengen ngelanjutin dari d3 ke S1
        dan pengennya kelas malam, biar sambil kerja
        berarti namanya bukan kelas karyawan ya
        hanya saja bisa sambil kerja gitu ya mbak
        namanya ekstensi kan ya ?

  2. mba, bagaimana perbendaan antara S1 reguler hasil Snmptn/sbmptn dan S1 reguler hasil ujian mandiri. Tolong diinfokan yang rinci ya mba.

    • Nggak ada bedanya mba.
      Jadi klo keterima di S1 reguler dr jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun SIMAK UI semuanya sama.
      Pembayarannya pun sama, kalau jurusan IPS 5jt, kalau jurusan IPA 7,5jt, tidak ada uang pangkal dan bisa mengajukan BOP-Berkeadilan (biaya pendidikan sesuai kemampuan orang tua).

      UI sendiri tdk emngenal jalur mandiri, UI memang mengadakan ujian SIMAK tp itu bukan jalur mandiri yang besar-besaran uang pangkal.
      Jadi ada S1 paralel yang memang dari awal uang pangkalnya sudah ditetapkan.

  3. “Selama berkuliah di UI mahasiswa S1 reguler bisa mendapatkan beasiswa yang tersedia di UI, tapi mahasiswa paralel tidak bisa dapat beasiswa.”
    Mau nanya, beasiswa yang dimaksudkan disini itu beasiswa untuk di UI itu sendiri (pihak UI sbg penyelenggara) atau termasuk beasiswa dari pihak luar UI? (sbg contoh ada beasiswa dr kedubes jepang untuk mahasiswa ui yang bisa berkesempatan exchange ke jepang)
    Terimakasih sebelumnya :)

    • Kalau beasiswa exchange ke luar, misal ke Jepang yang program Monbukagakusho si bisa.
      Di UI kan biasanya banyak beasiswa, seperti dari pertamina, PPA dan BBM, karya salemba empat. nah mahasiswa S1 paralel ga bs dpt beasiswa yg seperti itu.
      biasanya beasiswa berupa uang kuliah atau uang saku.

  4. Buat lamanya belajar hingga lulus berapa tahun ya mba?
    Apakah paralel dapat lulus lebih cepat daripada reguler

    Sy dapat info 3 tahun.
    Kebetulan sy mengambil paralel setelah lulus dari d3 politeknik.

    • Paralel itu ada 2 jenis, yaitu paralel untuk lulusan SMA dan paralel untuk lulusan D3.
      Klo paralel untuk lulusan SMA sama saja dengan yang reguler, lama belajarnya 4 tahun (klo normal), bisa lebih cepat bisa jg lebih lama.
      Klo paralel untuk lulusan D3 hanya dibuka untuk jurusan teknik dengan lama belajar 3 tahun

    • Iya betul di SIMAK UI, Kamu bisa memilih sampai 8 prodi. tapi dengan catatan bahwa kamu harus memilih secara campuran, maksudnya adalah kamu memilih 3 reguler, 3 paralel, dan 2 vokasi (D3) atau 3 paralel, 3 vokasi, dan 2 reguler. terserah saja yg penting 3, 3, 2 dan dengan biaya yang sudah kamu sebutkan. sedangkan untuk peluang keterima sih tergantung dari strategi anda memilih jurusan. Biasanya pilihan ke-1 itu yang persaingannya paling ketat, pilihan ke-2 persaingannya harus lebih ringan dari pilihan ke-1, begitu seterusnya sampai plihan ke-8 dan tergantung dari persiapan Anda mengikuti SIMAK.

  5. Mba saya mau nanya. Saya baru lulus SMA tahun ini dan saya berkuliah di salah satu institut di Jkt dan setelah 3 bulan kuliah saya sekarang sudah berhenti kuliah di institut tersebut. Tahun depan saya rencana mau mendaftar di UI, jalur apa saja yang saya bisa ambil?
    Yang saya tahu SNMPTN itu hanya untuk anak SMA yang masih bersekolah.

  6. Ka. Kalo mau masuk ui, mau ambil s1 reguler itu ada beasiswanya ga? Dan dapetinnya gimana? Tes-kah? Atau nilai rapot? Kalo dapet beasiswa lakunya sampe semester keberapa?

    • Maksutnya beasiswa pas baru masuk gitu ka misalnya dari sem 1 sampe sem berapa gitu.. ada yg bilang, bisa dapet beasiswanya itu cuma pas sem 3 pake beasiswa djarum..

    • S1 reguler ada beasiswanya. Biasanya beasiswa berlaku 1 tahun. cara dapetinnya beda2 tergantung dari persyaratan yang diminta instansi pemberi beasiswa, ada yang minta tes, ada yang minta wawancara, ada yang dari seleksi dokumen aja, atao diliat dr IP. biasanya info beasiswa itu dari bagian kemahasiswaan atau klo di UI bisa liat info beasiswa di web http://mahasiswa.ui.ac.id/

      beasiswa bisa didapat dari semester satu kok. sebenernya tergantung dari persyaratan beasiswanya si, dia mintanya mahasiswa semester berapa. biasanya ada juga kok untuk mahasiswa semester 1.

  7. kak mau nanya, saya sekarang masih sma, udah mau tamat. misalnya saya lulus di mahasiswa undangan program ppkb atau paralel, jadi saya juga mau ikut snmptn online, boleh ga? atau harus mengundurkan diri dari kelas paralel yang saya terima tadi? trims

    • Maksud kamu SNMPTN undangan yak?
      Boleh aja kalo mau ikt SNMPTN undangan dan PPKB. Biasanya nanti pengumuman SNMPTN undangan dulu. dan klo nanti SNMPTN undangan kamu keterima, maka PPKB otomatis ga keterima. Tp klo SNMPTN undangan keterima, baru yang PPKB diseleksi lagi…

      Klo udah keterima PPKB dan mau ikt SNMPTN tertulis boleh2 aja, ga perlu ngundurin diri di PPKB
      Semoga membantu

  8. Mba saya mau nanya dong, saya Nina Mhs D3. saya mau tanya soal ekstensi fasilkom UI tahun ini masih ada ga ya? soalnya liat info di website ui sedikit membingungkan soal jam masuknya apakah pagi-siang seperti paralel lainnya atau bener2 ekstensi (kuliah malam) mksh banyak sebelumnya. :)

    • kalau tahun kemaren masih ada dan perkuliannya pagi-sore bukan malem. kemungkinan untuk tahun ini pun masih ada dan pendaftaran biasanya sekitar bulan Mei.
      UI biasanya update informasi klo udah deket pendaftarannya, jd klo skrg ngeliat ke webnya emang belum ada infonya.

      klo mau tau info lebih akuratnya silahkan tanya ke bagian informasi pendaftaran simak atau email
      ini nomornya 786 4126, 7884 9104, 7884 9129
      Email : penerimaan@ui.ac.id,

      Nanya ke situ aja biar informasinya dapat dipertanggung jawabkan, insya alloh dijawab kok

    • ngga kejamin juga, tapi kesempatan keterimanya lebih besar karena persaingan di paralel lebih sedikit.
      Banyak juga loh yg tetep ga keterima walaupun udah daftar melalui jalur paralel

  9. selamat siang,ini saya mau sedikit curhat, bertanya dan minta saran.hehe
    critannya saya ringkas saja ya, saya lulusan SMK swata lulusan tahun 2010 kira2 ada peluang gk untuk diterima di UI,jalur mana yang harus saya tempuh, saya sangat ingin sekali dapat diterima di jurusan hukum UI.
    pertanyaan berikutnya adalah maksudnya jursan IPS sama jurusan IPA yang dimaksud diatas itu bagaimana ya penjelasannya?(apakah jurusan hukum itu juga termasuk dalam IPS)
    trus bagaimana strategi untuk memilih jurusan yang 3 3 2 tdi?

    • klo lulusan tahun 2010 berarti harus ikut yang paralel melalui ujian SIMAK karena reguler hanya untuk lulusan 3 tahun terakhir, berarti reguler bisa untuk lulusan 2012, 2013, dan 2014. klo masalah ada peluang apa nggak itu tergantung dari gimana belajarnya. klo belajar sungguh2, peluang selalu ada.
      Hukum termasuk IPS, berarti yang harus kamu pelajari adalah
      1. Pengetahuan dasar : b.ind, b.ing, dan mtk
      2. pengetahuan IPS : eko, geo, sejarah, sosio

      Bisa juga download contoh soalnya di web http://simak.ui.ac.id/download-2.html?category=2

      klo pemilihan jurusan itu berarti kamu hanya bisa memilih 6 jurusan (3 jurusan paralel dan 3 vokasi/d3), klo ga minat d3 berarti cuma bs pilh 3 jurusan aja. lihat info lengkapnya di web simak.ui.ac.id

    • untuk jurusan FKM klo ga salah memang masuk malem deh, karena ekstensi memang untuk yang udah kerja dan kuliah malem kecuali untuk fasilkom pagi.
      tapi saya taku salah kasih informasi, mending telpom bagian informasi PMB UI aja atau tanya email.
      ini nomornya 786 4126, 7884 9104, 7884 9129
      Email : penerimaan@ui.ac.id,

  10. Saya mau nanya, jd intinya S1 Paralel itu gak bisa dpt beasiswa yg berhub. dgn keringanan biaya ya? Tapi kalo beasiswa kuliah di luar negeri atau pertukaran pelajar gitu, S1 Paralel bisa dpt kan? Ohya kak, S1 Paralel itu ada yg masuk sore juga kuliahnya?

    • Iya S1 paralel ga bisa dapat beasiswa dalam bentuk duit. klo dalambentuk beasiswa keluar negeri kyanya si bisa.
      S1 paralel biasanya mulai kuliah siang sampai sore jam 5an. tapi ini juga tergantung kebijakan masing-masing fakultas.

  11. kak maaf mau tanya saya kan lulusan tahun 2012 saya pengen masuk ui jurusan hukum apakah masih bisa? dan apakah bisa masuk ui tanpa mengikuti sbmptn? saya pgn bgt masuk sini

  12. kalau dua duanya bisa juga gak kak misalnya ikut sbmptn sama ikut simak ui?
    trus kalau lewat simak ui yang di test pelajaran apa aja kak misalnya saya mau jurusan hukum, apakah yang di test pelajaran ips saja atau dua duanya ipa dan ips
    terimakasih kak

  13. mau tanya, perbedaan s1 ekstensi dan paralel apa ya?, terus klo lulusan d3 akuntansi itu klo alih jenis itu kuliahnya selesai berapa lama?,ada kelas siang atau hanya kelas malam? terimakasih :)

    • S1 ekstensi itu untuk lulusan D3 yang mau ngelanjutin S1, klo S1 paralel untuk lulusan SMA yang mau ngelanjutin S1.
      Di UI ngelanjutin D3 ke S1 klo ga salah 3 tahun deh. untuk kelas ekstensi, kuliahnya malem keculi jurusan ilmu komputer (klo ga salah juga), hehehe
      tapi untuk pastinya tanya ke nomor : (021) 786 4126, (021) 7884 9104, (021) 7884 9129
      atau email ke penerimaan@ui.ac.id

    • Beda dong,
      Klo SBMPTN kan untuk nasional, jadi kalo ikut SBMPTN kamu bisa milih semua PTN di Indonesia.
      Klo SIMAK yang ngadain UI, jadi cuma bisa daftar di UI aja
      Kalo untuk soalnya mah setipe…

  14. kak, aku lg kuliah di salah satu institut di jogja. nah karena saya kurang srek sama yang saya ambil, saya mau nyoba simak UI. kalo misal simak itu udh pasti reguler atau udh pasti paralel atau kita bisa milih? kalo bisa milih tuh caranya gimana ya kak? apa nanti saat tes simak kita di tanya mau ikut program reguler atau paralel? makasih ya.

    • Untuk lulusan 2012, 2013 dan 2014, bisa milih mo yg reguler apa paralel. klo lulusan 2011 kebawah pasti paralel.
      kita reguler atau paralel nanti kita pilih sendiri pas lagi daftar simak. di formnya ada pilihannya

    • Bisa kok.
      Klo PPKB yang nentuin kamu bisa ikut apa ngga adalah sekolah, biasanya yang dipilih sama sekolah itu yang memiliki ranking selama sekolah.
      Klo emang sekolah memilih kamu ikut PPKB, terus kamu mau ikt SIMAK, silahkan saja.

  15. mbak, aku kan lulusan d3 yang rencananya mau lanjut s1 sistem informasi di ui ambil yang kelas malam. aku liat2 di website itu biayanya cukup mahal ya? itu bisa dicicil nggak mbak? kata mbak juga itu gak ada keringanan biaya ya mbak? Terimakasih infonya mbak, sangat membantu. :)

    • Klo lanjut dari D3 ke S1 biasanya ga bisa dicicil. Biaya kuliah yg bisa dicicil tu cuma buat S1 reguler aja.
      klo mau tau info lebih akuratnya silahkan tanya ke bagian informasi pendaftaran simak atau email
      ini nomornya 786 4126, 7884 9104, 7884 9129
      Email : penerimaan@ui.ac.id,

      Nanya ke situ aja biar informasinya dapat dipertanggung jawabkan, insya alloh dijawab kok

  16. Selamat siang Mbak. Saya ini termasuk lulusan PTN (UGM) jaman dulu, waktu itu ujian masuknya disebut UMPTN. Selain itu ada juga jalur masuk lewat PMDK (dilihat nilai raport, diajukan oleh pihak sekolah dan -katanya- ada tes juga dari PTN nya). UMPTN dulu bisa dari sekolah, tapi bisa juga beli formulir sendiri. Saya waktu kuliah mau masuk semester tiga sempat ikut UMPTN lagi ke UI (tapi gagal [lagi]).

    Saya baca di atas ada yang namanya SNMPTN, lalu SBMPTN, PPKB, kok memusingkan sekali ya. Kalau saya tidak salah tangkap, UMPTN dulu mungkin sama dengan SBMPTN, sementara PMDK dulu sama dengan PPKB. Lalu SNMPTN undangan itu maksudnya gimana ya Mbak? Sementara SIMAK UI sendiri itu apa?

    Dulu saya dengar ada program masuk S1 UI dengan cara “mudah” (bagi siswa yang orang tuanya mampu), yakni membayar sangat mahal (dengan tujuan subsidi silang), mungkin di atas Mbak tulis Jalur Mandiri. Saya kira itu hanya isu, atau memang demikian adanya? Apakah sampai saat ini masih ada? Mungkin bisa dicontohkan biaya Jalur Mandiri ini dengan program reguler?

    Terima kasih atas atensinya.

    • Ujian nasional = bisa memilih universitas negeri di seluruh Indonesia
      UMPTN = SBMPTN (S1 reguler)
      PMDK = SNMPTN (S1 reguler)

      Ujian UI sendiri yang mengadakan = hanya bs memilih jurusan di UI aja
      SIMAK UI = dari ujian spt SNMPTN (S1 reguler dan paralel)
      PPKB = dari jalur undangan seperti SNMPTN (PMDK klo jaman dulu) (S1 paralel)

      UI ga ada jalur mandirinya, walaupun UI mengadakan ujian sendiri kya SIMAK dan PPKB. Namun itu bukan jalur mandiri, krn jalur mandiri cenderung dengan main gede2an uang pangkal, sementara di UI ga spt itu. semuanya udh ada biaya fixnya sejak awal. Bahkan dari SIMAK UI, para calon mahasiswa bs milih program reguler atau paralel. klo PPKB khusus untuk paralel. S1 paralel memang biayanya lebih besar dibandingkan S1 reguler tp ga main gede2an uang pangkal.

      Untuk biaya S1 paralel silahkan tanya PMB UI langsung aja.

      Untuk biaya

  17. Kak, saya mau tanya jadi kelas paralel itu tidak sama dengan kelas ekstensi kan kak? Kalau pilih prodi di SIMAK UI apakah ada peluang untuk diterima di prodi pilihan terakhir? Terima kasih

    • Di UI ga ada kelas karyawan.
      yang ada kelas malan untuk Ekstensi (D3 lanjut ke S1) dan S2. itu juga ga semua jurusan tersedia kelas malam.

      Untuk tau jurusan apa saja yg bs kelas malam silahkan hubungi PMB UI di
      (021) 786 4126
      (021) 7884 9104
      (021) 7884 9129

  18. Sekolah anak sy termasuk yg mendpt jatah ppkb dan ia tampaknya berminat. Apakah ada perbedaan materi kuliah/soal UTS,UAS,& tugas antara anak reguler & pararel? Apakah anak pararel kuliah sistem paket ato sks?apakah di ijazah nnt ada embel2 parerelnya?apakah anak pararel memiliki kesempatan yg sama utk aktif dlm BEM misalnya? Maap pertanyaannya banyak.Trims sebelumnya ya nak

    • Dalam perkuliaha, UTS, UAS, dan tugas2 lainnya tdk ada perbedaan antara paralel dan UTS. Ijazahnya pun akan sama bu. Kesempatan untuk aktif berorganisasi pun tidak ada yang membedakan.

      Yang membedakan antara paralel dan reguler biasanya adalah jam kuliah. di semester awal biasanya akan anak paralel akan cenderung mendapat jadwal siang,sedang reguler pagi. biasanya pada semester 1 dan 2. untuk semester selanjutnya akan sama saja. yang membedakan lagi, anak paralel tidak bisa mengikuti BOPB (Biaya Operasional Berkeadilan) alias tidak bisa minta keringanan biaya persemeter.

      Sistem kuliah di UI SKS bu, ada sih beberapa jurusan yang memberlakukan sistem paket untuk semester 1. selanjutnya SKS. Paralel dan reguler sama2 SKS.

      Semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s