Hikmah Bersedekah

Standard

Pasukan Nabi Sulaiman itu bukan hanya manusia, beliau juga memiliki pasukan dari jenis hewan, termasuk diantaranya adalah burung. Pada suatu hari, burung yang merupakan salah satu anggota pasukan dari Nabi Sulaiman bertelur dan ia meninggalkan telurnya tersebut di atas pohon untuk mencari makanan.

Ditempat lain, tdk jauh dari pohon tempat burung tersebut menaruh telornya, ada satu keluarga yang berencana untuk mengambil telur tersebut untuk makan mereka hari ini.

“Pa, ada telor burung tuh diatas pohon, ambil ya untuk makan kita hari ini” kata si istri. Karena rasa cinta suami kepada istrinya, maka diambillah telur burung tersebut

Ketika sore hari, burung tersebut pulang ke sarangnya. Ia lihat ternyata telurnya sudah tidak ada. Akhirnya ia melapor kepada nabi Sulaiman.

“Ya nabi, ada orang yang mengambil telor disarangku.” kata si burung

“Baiklah akan aku cari orang yang telah mencuri telurmu” kata Nabi Sulaiman

Akhirnya Nabi melakukan penyelidikan dan ditemukanlah orang mencuri telor tersebut. Akhirnya si pencuri telur dipanggil oleh Nabi Sulaiman.

“Mengapa kau mencuri telur barung yang ada di atas pohon dekat rumahmu” tanya Nabi Sulaiman

“Ya Nabi aku mengambuil telor burung itu untuk makan keluargaku.” kata lelaki itu

“Besok-besok kalau burung itu bertelur lagi, jangan kau ambil telurnya” kata Nabi Sulaiman

“Baik Nabi” kata lelaki tersebut. Mereka pun membuat perjanjian yang menyatakan bahwa dia tidak akan mengambil telur burung itu lagi.

Selang beberapa waktu, burung itu bertelur lagi. Lagi-lagi si istri menyuruh suaminya untuk mengambil telur tersebut.

“Pa, tolong ambilkan telur burung yang ada di atas pohon itu” kata si istri

“Tidak bisa, aku sudah berjanji kepada Nabi Sulaiman untuk tidak mengambil telur burung itu lagi” kata suami

“Tapi pa, kita mau makan apa kalau kau tidak mengmbil telur itu, lihat anak-anak kita yang sudah lapar” kata si istri.

Karena ia begitu mencintai istri dan anak-anaknya, maka ia pun pergi lagi untuk mengambil telur burung itu.

Burung kaget melihat telur-telurnya hilang lagi dan ia pun melaporkan lagi kepada Nabi Sulaiman bahwa telur-telurnya hilang dan yang mencurinya adalah orang yang sama.

Kali ini Nabi Sulaiman bertindak tanpa memanggil pria tersebut. Akhirnya Nabi memanggil 2 setan dari utara dan selatan untuk memberikan sanksi kepada lelaki yang telah ingkar janji.

“Setan kamu saya beri tugas untuk menjaga sarang burung dari seorang laki-laki yang suka mengmbilnya. Jika ia mau mengambil talur burung, maka jatuhkan saja dia pada saat memanjut pohon.” Kata Nabi Sulaiman

“Baik” kata setan.

Tibalah waktu burung bertelur lagi, dan si istri pun menyuruh suaminya untuk mengambil telur tersebut. Tapi sebelum ia memanjat pohon untuk mengambil telur burung, tiba-tiba ada seorang pengemis yang datang kepadanya dan ia memberikan uang yang dimilikinya kepada pengemis tersebut.

Setelah menyedekahkan uangnya itu, ia melanjutkan memanjat pohon dan mengambil telur burung tersebut.

Kemudian burung pulang ke sarangnya dan lagi-lagi telurnya hilang. Akhirnya ia melapor lagi kepada Nabi Sulaiman. Nabi pun bingung kenapa kedua setan tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. Akhirnya Nabi pun memanggil kedua setean tersebut

“Setan kenapa kamu tidak melaksanakan menarik kaki pria yang suka mencuri telur burung saat ia akan mengambil telur burung?” tanya Nabi

Setan menjawab, “Nabi saat ia ingin memanjat pohon ada seoran gpengemis yang data,d an ia memberikan uang kepada pengemis tersebut. Sehingga pada saat kami akan menarik kakinya, datang dua malaikat yang melampar kami sehingga kami tidak dapat melaksanakan tugas”

 

Salah satu kisah hikmah dari bersedekah adalah dapat menolak bala. Terlihat dari kisah tersebut, seandainya si lelaki yang suka mencuri telur ayam  itu tidak menyedekahkan uangnya, mungkin ia akan jatuh dari pohon.

Maka dari itu, amrilah kita berseekah, selain dapat menolak bala, sedekah pun dapat memberikan kita kebaikan di dunia maupun di akhirat. Sebenarnya harta yang sebenarnya milik kita adalah harta yang kita sedekahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s