Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

Standard

Universitas Pertahanan merupakan universitas yang mengkaji bidang ilmu pertahanan. Biasanya setiap negara memiliki satu universitas pertahanan, begitu juga Indonesia. namun, tidak semua negara memiliki universitas pertahanan. Universitas Pertahanan di Indonesia baru berdiri selama lima tahun, bararti baru didirikan tahun 2008 pada kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode kedua. Indonesia baru menyadari pentingnya universitas pertahanan untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil dalam bidang pertahanan.

Universitas ini bernama Universitas Pertahanan Indonesia yang biasa disingkat UNHAN atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah Indonesian Defence University (IDU).  Saat ini (2013) kampus UNHAN berada di Salemba dekat dengan kampus UI Salemba, RSCM, Rumah sakit Carolous, Kampus YAI tepatnya di kementerian pertahanan Salemba. Rencananya pada bulan Maret 2014, semua perkuliahan akan dipindahkan ke Sentul-Bogor (saat ini sedang dalam proses pembangunan) karena disana akan menjadi kampus UNHAN, saat ini hanya menumpang pada KEMENHAN. Di Sentul akan disediakan asrama dan disediakan makan untuk mahasiswa

UNHAN dikhususkan unuk jenjang pendidikan S2. UNHAN adalah universitas negeri yang memberikan beasisiwa secara penuh kepada para mahasiswanya. Jadi, semua mahasiswa yang kuliah di universitas ini tidak perlu membayar karena semua biaya perkuliahan ditanggung oleh negara. Enak kan, kuliah gratis lho. Universitas ini pun terbuka untuk PNS, TNI maupun umum. Jadi, kalau Anda bukan PNS atau TNI pun tetap bisa mendaftar. Saya sendiri dari umum.

Setiap tahunnya UNHAN membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru. Biasanya ada dua gelombang, gelombang pertama dibuka sekitar bulan Februari dan gelombang kedua bulan April. Saat ini UNHAN memiliki 2 fakultas dan 8 jurusan, yaitu:

1. Fakultas Strategi Pertahanan

a.    Program Studi Magister Strategi Perang Semesta (Total War Strategy)
     b.    Program Studi Magister Damai dan Resolusi Konflik (Peace and Conflict Resolution)
     c. Program Studi Magister Perang Asimetris (Asymetric Warfare)

2. Fakultas Manajemen Pertahanan

    a.    Program Studi Magister Menejemen Pertahanan (Defense Management)
    b.    Program Studi Magister Ekonomi Pertahanan (Economic Defense)
    c.    Program Studi Magister  Manajemen Bencana (Disaster Management for National Security)
    d.    Program Studi Magister Keamanan Energi (Energy Security)
    e.    Program Studi Magister Keamanan Maritim (Maritime Security)

Isu-isu yang terdengar si akan ada penambahan jurusan lagi untuk tahun depan, tapi saya juga kurang tahu jurusan apa yang dibuka untuk tahun depan. Semua pendaftar boleh berasal dari berbagai latar belakang pendidikan S1, maksudnya semua jurusan bisa mendaftar asalkan lulus tes. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di web idu.ac.id

Yang harus dipersiapkan saat mendaftar adalah esai sepanjang 2 halaman mengenai alasan dan motivasi daftar ke UNHAN dalam Bahasa Inggris. Bagi yang sudah bekerja pun diperlukan surat ijin untuk mengikuti tes dari institusi tempat bekerja, karena tes biasanya dilakukan pada hari kerja.

Tes yang harus diikuti jika ingin kuliah di UNHAN adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL. TPA itu sejenis tes logika kta, ada dari segi bahasa, matematik dan sebagainya. Kalau TOEFLnya itu tes di LBI salemba yang TOEFL Prediction. Jika lulus TPA dan TOEFL, maka akan ada wawancara. Wawancara dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Materi wawancara biasa dari esai kita dan mengenai diri kita. Wawancara ini biasanya berbeda-beda, jadi tergantung siapa yang mewawancarai Anda. Namun, biasanya mengenai esai dan diri kita, untuk persiapan sebaiknya cari tau juga mengenai jurusan yang kita pilih mempelajari tentang apa, terkadang hal ini pun ditanyakan.

Kelebihan UNHAN dari universitas negeri lain selain perkulihan yang gratis adalah adanya KKDN (Kuliah Kerja Dalam Negeri) dan KKLN (Kuliah Kerja Luar Negeri). Jadi, nanti dipertengahan perkuliahan akan diadakan kujungan ke daerah-daerah perbatasan di Indonesia dan kunjungan ke luar negeri untuk melakukan penelitian. KKDN dan KKLN ini pun dibiayai oleh UNHAN, jadi mahasiswa benar-benar tidak mengeluarkan uang. Coba universitas mana yang memberikan pengalaman kepada mahasiswanya ke daerah perbatasan dan ke luar negeri. Saya rasa ga ada universitas yang seperti UNHAN.

Cuma memang perkuliahan di UNHAN dilakukan pada pagi-sore hari. Jadi, untuk yang bekerja memang agak sulit, kecuali perusahaan tempat bekerja memberikan surat ijin untuk sekolah atau Anda berhenti. Tapi untuk PNS dan TNI biasanya memang mendapat ijin untuk melakukan tugas belajar.

Sekian info dari saya mengenai UNHAN, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S2.

46 thoughts on “Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

    • Waduh saya kurang tau klo IPK dibawah 2,5 bisa keterima UNHAN apa nggak karena dipersyaratan IPK minimalnya 2,75. Tapi klo mau sih silahkan dicoba aja, toh pendaftarannya gratis….

  1. Mbak mida,ijin bertanya donk…sy dari militer, S1 dari UGM IPK 3,34…
    Sy berencana ikut seleksi utk th 2014.Sy mau nanya,utk mhsw dari militer apakah diasramakan atau tetap tinggal di luar?lalu dpt biaya hidup tdk mbak?terima ksh

    • untuk angkatan yg tahun 2014 kemungkinan perkuliahannya di sentul krn unhan lg ngebangun gedung baru di sana.
      nah klo kuliah di sentul memang ada asramanya dan dapet makan, tp ngga ada uang saku atau biaya hidup.

      klo untuk angkatan saya saat ini kuliahnya masih di salemba dan baik sipil maupun militer ga dapet asrama maupun uang saku. tp dapet makan siang dan snack.
      uang saku dapet kalo pas KKDN dan KKLN aja.

  2. assalamualaikum mbak midah. Saya berminat melanjutkan kuliah s2 di unhan, dan tulisan mbak menjelaskan beberapa hal penting yang perlu saya ketahui. Saya ingin bertanya mengenai hal-hal lainnya juga, boleh menggunakan email mbak? Makasih mbak.

  3. assalamu alaikum mba milda, izin.. suami saya lulusan akmil kira2 bisa tdk ikutan langsung s2 di unhan??? atau harus s1 dlu? kalo memang harus s1 dulu kira2 bisa kasih rekomendasi gak?? s1 yang mungkin bisa di konversi mata kuliahnya yg dari sewaktu dia di akademi,, fyi, suamiku dari AAL.. best regards_

    • Eh ada Mba Dian May,ayo dian ikt daftar unhan. elu mah pasti keterima dah. dftar manajemen pertahanan aja.
      Gw ga ngerti tuh akmil setara apa SMA, D3, apa S1.

  4. Saya masih penasaran dengan Prodi Diplomasi Pertahanan (kabarnya jurusan baru di T.A. 2014), bisa dijelaskan lebih detail Mba? Atau jurusan itu sub bagian baru dari Manajemen Pertahanan itu sendiri?

  5. Assalamuallaikum mba mida,,, sy Ardiansyah dari kota tangerang,,,sy sangat berminat dan berharap bisa masuk di UNHAN, Namun sy menyadari kelemahan sy di Bahasa Inggris.
    Kira-kira masih ada harapan tidak ya mba, sy bisa masuk di UNHAN.
    Wassalamuallaikum..

    • Waalaikum salam wr.wb
      Coba aja daftar mas, siapa tau rejeki, toh pendaftarannya jga gratis. saya jg bahasa inggrisnya ga bagus2 bgt kok.belajar aja buku2 toefl…

    • Di webnya memang syaratnya minimal PNS IIIb. Tapi kalau maun informasi lebih jelas, silahkan telpon ke UNHAN aja bagian pendaftarannya, ini nomornya 021-32236301. karena juga kurang tau.

  6. halo mba mida..salam kenal..saya Hani Kurniawan..saya hari ini baru dapat kabar dari kantor kalo diperintah untuk kuliah di Unhan. jujur aja saya belum tertarik, tapi begitu liat ada jurusan DIplomasi Pertahanan saya jadi kepengen nyoba juga nih…nanti kampusnya di Salemba apa di Sentul ya?…mba sendiri sudah keluar negerinya kemana aja?

    • Setau saja jurusan diplomasi pertahanan baru buka 2015. tp takut salah info, jd tanya langsung ke UNHAN aja.

      Saya belum ke luar negeri, cuma rencanaya ke Amerika Serikat klo ga cina.

  7. mohon info don mba tentang unhan..perkuliahan dari jam berapa sampai jam berapa? apa setiap hari wajib masuk atau ga…terus sabtu miggu libur atau ga…tks…

  8. Aslm. Wr. Wb.
    Kak Mida..
    Mohon ijin.
    saya Raden Bimo Wicaksono,
    S1 Jurusan Sejarah Universitas Negeri Jakarta.
    berencana melanjutkan studi di Unhan untuk T.A. 2014 ini.

    terima kasih atas infonya mengenai Unhan. Mohon ijin mengirimkan kontak saya via email
    untuk bisa berkomunikasi dan share tentang perkuliahan di Unhan.
    Semoga selalu sukses untuk Kak Mida.

    Wasslm. Wr. Wb.

      • Permisi mbak mida..
        Mau tanya ,,, untuk GELAR setelah kita lulus apa yaa ?? Khususnya Ekonomi pertahanan ..
        Dan benarkah lama studynya hanya 1,5 thn ??
        Trimakasih . Mohon blsannya🙂

      • Gelarnya M.Si.Han (Magister Science Pertahanan)

        Iya 1.5 tahun. tp tergantung kitanya juga. klo tesis kita molor, bisa2 lulusnya ga 1,5 tahun. dari unhan dapet tambahan waktu 2 semester klo tesis molor.

  9. Mbak Mida, kampus dan asrama Unhan yang di Sentul sudah siap dipakai atau belum? Saya rencananya akan ikut mendaftar bersama rekan saya seorang Mayor dari TNI AL tahun ini. Mohon bantuan lebih lanjut ya kalau ada informasi tambahan. Terimakasih!

    Salam Hangat,

    Dimitry

  10. Ass…Mbak Mida, Maaf mau menjawab persyaratan yang dari TNI, kalau pangkat Kapten yang penting sudah sekolah Diklapa II atau Selapa boleh ikut daftar ke Unhan. terimakasih.

    • Semua yang kuliah di UNHAN pasti beasiswa mas. Asal udah keterima, kita ga perlu bayar apa-apa. Untuk tahun 2014-2015 dan selanjutnya, perkuiahan diadakan di Sentul. Bagi yang rumahnya jauh, UNHAN menyediakan mes dan makan 3 kali sehari.

  11. Maaf mau nanya mbak
    Jurusan yg bisa untuk umum apa saja ya mbak???
    Td membaca disitusnya ada yg khusus hanya untuk militer, pns, dan umum tp sdh harus pernah jd manager.
    Kalo nanyanya diterusin lewat email boleh mbak???

    • Yang bisa diikutin oleh umum :
      1. Fakultas Manajemen Pertahanan : Menejemen Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, Manajemen Bencana
      2. Fakultas Studi Keamanan : Keamanan Energi, Keamanan Maritim
      3. Fakultas Strategi Pertahanan : Damai dan Resolusi Konflik, diplomasi pertahanan

      Saya agak lupa klo jurusan Perang Asimetris boleh untuk umum ato nggak.

      Jurusan Strategi dan Kampanye Militer khusus untuk TNI
      Jurusan strategi perang semesta khusus untuk TNI juga, klo umum ada requirement khususnya.

  12. assalamualaikum mba, saya mau tanya, apakah masuk UNHAN itu biaya kuliahnya beasiswa atau tidak. sya rencana nya ingin daftr kuliah pascsarjana nya di UNHAN.

  13. Assalamualikum mba, ada facebook/twitter atau sosial media lain untuk tanya-tanya ttg UNHAN? mba Mida skrg udah lulus atau masih kuliah? saya Lulusan Ekonomi Pembangunan rencana mau daftar jurusan Ekonomi Pertahanan. Minta Tips atau petuah apa gitu mba untuk tesnya.hehe terima kasih.

    • Seperti UNHAN tidak ada sosial medianya deh, cuma ada websitenya doang, http://www.idu.ac.id
      Saya masih kuliah, sedang tesis. Silahkan daftar aja, saat ini lagi pembukaan pendaftaran sampai 20 Februari 2015 kalau tidak salah.
      Tips apa yah? hahaha
      Banyak latihan soal TOEFL dan TPA aja sih.

  14. iyaa UNHAN ga ad admin humas kayanya.hehe
    waa semangat Tesisnya mba.
    iyaa, aku rencana mau daftar tp karna baru lulus kan harus ada surat rekomendasi dosen, nah aku kuliah di solo tp rumah di bekasi jadi bingung.
    kalo ikut gel.1 dan ga lolos boleh ikut gelombang 2 ga sih mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s